Bisakah Pil KB Biasa Menggantikan Fungsi Pil KB Darurat




Terkadang dalam kondisi tertentu beberapa orang merasa sulit menemukan pil KB darurat (morning after pil). Tidak heran, beberapa orang memutuskan untuk menggunakan pil KB sebagai pengganti pil kontrasepsi darurat ini. Namun apakah pil KB biasa bisa bekerja seefektif pil kontrasepsi darurat?


Apa bedanya pil KB biasa dengan pil KB darurat?


Pil KB darurat adalah pil yang dapat mencegah kehamilan bila dikonsumsi setelah berhubungan seksual. Pil kontrasepsi darurat ini harus diminum segera setelah melakukan hubungan seksual supaya dapat mencegah terjadinya pembuahan. 


Menurut WHO , pil KB darurat ini mencegah terjadinya pembuahan dengan cara memengaruhi kondisi kimiawi sperma yang masuk ke dalam tuba falopi dan juga sel telur sebelum keduanya bertemu.


Namun jika sudah terjadi pertemuan antara sperma dan sel telur dan menempel pada dinding rahim, pil ini tidak dapat mencegah kehamilan. Justru membahayakan calon janin yang sudah menempel di rahim. Pil ini biasanya ditujukan bagi wanita yang tidak menggunakan kontrasepsi apapun dan yang melakukan hubungan seksual pada pertengahan siklus menstruasinya.


Pil KB darurat berbeda dengan pil KB yang diminum sehari-hari. Pil KB diminum untuk menunda terjadinya kehamilan sebelum seks. Dokter sudah meresepkan pil KB apa yang akan diminum untuk peminumnya dalam jangka waktu ke depan.


Sedangkan, pil KB darurat dibutuhkan ketika setelah berhubungan badan dan sang wanita tidak menggunakan alat kontrasepsi, yang dampaknya kemungkinan besar akan terjadi fertilisasi (bertemunya sperma dan sel telur). Barulah pil KB darurat ini dikonsumsi untuk mencegahnya.


Apa bisa pil KB biasa dijadikan sebagai pil kontrasepsi darurat? 


Jawabannya bisa. Namun, berapa banyak pil yang harus diminum berbeda-beda dan tidak tentu.


Pada dasarnya, berapa banyak jumlah pil KB biasa yang dikonsumsi sebagai  pil KB daruratl tergantung dengan berapa banyak hormon-hormon yang terkandung dalam satu pil KB itu,  karena setiap merek memiliki variasi jumlah hormon yang berbeda-beda.


Sebaiknya, Anda konsultasikan hal ini pada dokter, sehingga Anda tahu pasti berapa pil KB biasa yang harus dikonsumsi jika ingin dikonsumsi setelah berhubungan seksual. Mengambil sekaligus seluruh pil KB sebanyak-banyaknya bukanlah hal yang tepat. Justru ini hanya akan membuat Anda muntah.


kelebihan kekurangan pil kb


Seberapa efektif pil KB biasa jika dijadikan pil KB darurat?


Efektivitas pil KB sebagai pil kontrasepsi darurat tergantung pada penyerapannya ke dalam aliran darah. Penelitian menunjukan, jika penggunaan pil KB dapat mencegah 75 persen kehamilan jika dikonsumsi dengan dua kali dosisnya.  


Penelitian tersebut menunjukan bahwa pil KB yang mengandung 100 mikrogram ethinyl estradiol dan 0.5 miligram levonorgestel telah berhasil mencegah 75 persen kehamilan ketika diambil dalam 2 dosis yang diberikan dalam jeda 12 jam terpisah.


Pemberian pil KB yang pertama dengan catatan tidak lebih dari 120 jam setelah berhubungan seks, melainkan segera setelahnya atau di pagi harinya. Kemudian dilanjutkan dengan konsumsi 1 dosis lagi 12 jam setelah minum pil yang pertama. Dosis tersebut tergantung dengan apa pil KB yang diminum.


Tidak semua pil KB biasa dapat dijadikan sebagai pil KB darurat


Pada dasarnya, ada 2 jenis pil KB yang dapat digunakan sebagai pil kontrasepsi darurat. Pertama adalah pil KB yang mengandung levonorgestrel, bentuk dari hormon progesteron wanita yang mana jenis ini sering disebut dengan pil KB mini pil atau progestin-only. Kedua yaitu, pil KB yang mengandung ethinyl estradiol yang sering disebut dengan pil kombinasi.


Dari kedua jenis tersebut, tidak semua merek pil dapat mencegah pembuahan setelah beberapa melakukan hubungan seks tanpa pelindung. Dilansir dalam laman yang dioperasikan oleh Princeton University dan Asosiasi Profesi Tenaga Kesehatan Reproduksi, di Indonesia pil KB yang secara aman bisa dijadikan pil kontrasepsi darurat adalah:


Postinor-2


Posrinor-2 adalah jenis pil KB mini pil. Cara meminumnya, ambil 2 pil postinor-2 setelah berhubungan seksual dan harus diminum dalam kurun waktu maksimal 120 jam setelah berhubungan. Jangan lebih dari itu. Kebanyakan orang akan mengonsumsinya segera mungkin atau di pagi hari setelah melakukan hubungan seks.


Levonorgestirl pil, microgynon, microgynon-30, nordette


Pil-pil ini termasuk ke dalam jenis pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan juga progesteron. Jenis pil ini yang dikemas dalam 28 hari, hanya 21 pil pertama yang bisa digunakan sebagai pil kontrasepsi darurat.


Cara menggunakan pil KB sebagai kontrasepsi darurat adalah dengan  meminum 4 pil ini setelah berhubungan seksual dalam 2 dosis dengan jeda 12 jam. Meminum 4 pil yang pertama tidak boleh lebih dari 120 jam setelah berhubungan seks. Lalu, minum 4 pil lagi 12 jam kemudian dari konsumsi yang pertama kali.


0 Response to "Bisakah Pil KB Biasa Menggantikan Fungsi Pil KB Darurat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...