Tanda-tanda Anda Mengidap Kelainan Binge Eating Disorder




Apakah Anda sering makan dengan porsi banyak? Hati-hati, mungkin Anda mengalami binge eating disorder. Apa saja gejala dan tandanya?


Apa itu binge eating disorder?


Binge eating disorder adalah sindrom penyimpangan perilaku makan. Ketika orang mengalami binge eating disorder, dia akan makan dalam porsi yang besar dan tidak dapat mengontrol kapan harus berhenti.


Hampir semua orang mungkin suka makan berlebihan dan tidak bisa mengontrol konsumsi makanannya, namun hal ini hanya terjadi pada beberapa waktu saja. Orang yang memiliki binge eating disorder sering melakukan tersebut dan pada akhirnya menjadi suatu kebiasaan yang rutin. Jika Anda mengalami binge eating disorder, Anda mungkin merasa malu akan kebiasaan yang makan dengan porsi banyak dan tidak terkontrol tersebut, serta berniat untuk menghilangkan kebiasaan itu. Namun Anda merasa tertekan dan tidak bisa menahan nafsu untuk mengonsumsi makanan dengan porsi yang besar.


Binge eating tidak seperti bulimia, yang setelah mengonsumsi makanan dengan porsi besar kemudian menyalurkan rasa bersalahnya dengan memuntahkan makanannya atau mengonsumsi obat pencahar untuk mengeluarkan apa yang dia telah makan. Walaupun muncul rasa bersalah dan malu  akibat kebiasaannya tersebut, orang yang melakukan binge eating malah melarikan diri dengan cara mengonsumsi makanan kembali, karena berpikir dengan makan  mereka akan merasa nyaman dan tenang. Hal tersebut kemudian menjadi sebuah siklus, mengonsumsi makanan dengan porsi yang banyak karena merasa tertekan, lalu merasa stress karena telah melakukannya, dan pada akhirnya kembali mengonsumsi makanan sebagai pelariannya.


Siapa yang biasanya mengalami sindrom ini?


Siapa pun dapat mengalami binge eating disorder. Namun hal ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan laki-laki, dan wanita yang mengalami hal ini ternyata lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang mengalami penyimpangan perilaku makan lainnya, seperti anorexia nervosa. Penyimpangan ini sering terjadi pada remaja atau dewasa muda.


Apakah saya menderita binge eating disorder?


Cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:



  • Apakah Anda merasa tidak terkontrol saat makan sesuatu?

  • Apakah Anda selalu memikirkan tentang makanan atau apa yang Anda akan makan?

  • Apakah Anda sering makan diam-diam, agar terhindar terlihat oleh orang lain?

  • Apakah Anda makan hingga Anda merasakan sakit?

  • Apakah Anda mengonsumsi makanan jika sedang sedih, tertekan, dan stress?

  • Apakah Anda merasa malu setelah makan sesuatu?

  • Apakah Anda tidak punya daya untuk berhenti makan, padahal Anda ingin berhenti?


Jika jawaban dari pertanyaan tersebut rata-rata adalah iya, maka kemungkinan Anda mengalami binge eating disorder


Gejala dan tanda binge eating disorder


Tanda pada perilaku



  • Tidak dapat menghentikan diri ketika makan

  • Secara cepat mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar

  • Tetap makan meskipun sudah merasa kenyang

  • Bersembunyi ketika makan

  • Makan dengan normal di depan orang-orang namun ketika makan sendiri, makan dengan rakus

  • Selalu makan hampir sepanjang hari dan tidak memiliki waktu makan


Tanda pada emosi



  • Merasakan stress dan tertekan kemudian berpikir hanya bisa kembali tenang jika makan

  • Merasa sangat malu karena porsi yang telah dimakan

  • Tidak pernah puas sebanyak apapun makanan yang dimakan

  • Putus asa untuk mengontrol berat badan dan kebiasaan makan


Cara mengatasi binge eating disorder


Jika Anda merasa Anda mengalami gejala dan tanda yang telah disebutkan sebelumnya, maka cobalah untuk melakukan cara-cara berikut:


1. Ubah pola pikir Anda mengenai makanan


Makanan merupakan hal yang dikonsumsi ketika tubuh membutuhkannya, bukan karena obat dari rasa emosional Anda. Dengarkanlah tubuh Anda, karena dengan begitu Anda dapat menentukan kapan Anda merasa lapar, merasa kenyang, atau bahkan merasa sakit karena suatu makanan. Fokus dengan apa yang Anda makan, dengan cara menikmati  rasa dan tekstur dari makanan Anda. Lalu tentukanlah jam makan Anda, jangan baru makan ketika Anda merasa lapar. Karena hal tersebut akan menyebabkan Anda makan berlebihan.


2. Cari cara lain untuk mengobati perasaan Anda


Salah satu masalah terbesar yang ada pada penyimpangan ini adalah makan karena ingin lepas dari stress dan rasa tertekan. Oleh karena itu, carilah alasan mengapa dan kapan Anda merasa tidak bisa mengontrol diri terhadap makanan. Tuliskan apa yang membuat Anda tertekan atau stress,  kemudian apa yang Anda rasakan sebelum dan sesudah makan, dan lakukan setiap Anda merasa tertekan. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mencari penyebab dan apa yang terjadi ketika Anda tertekan. Setelah mengetahuinya, cobalah untuk mencari hal lain yang dapat mengobati perasaan Anda, seperti menulis, membaca buku, atau bahkan berolahraga. Kegiatan tersebut akan menjauhkan Anda dari makanan dan menghilangkan rasa tertekan secara perlahan-lahan.


BACA JUGA



  • Yang Lebih Cepat Bikin Langsing: Kurangi Makan Lemak atau Karbo?

  • 7 Gangguan Makan yang Aneh Tapi Nyata

  • Makan Junk Food Bisa Membuat Depresi, Kenapa?





0 Response to "Tanda-tanda Anda Mengidap Kelainan Binge Eating Disorder"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...