Mengenal Pohon Kina, Tanaman Herbal Dengan Segudang Manfaat




Pohon kina yang memiliki nama latin Cinchona calisaya, termasuk pohon yang sudah langka. Biasanya, salah satu tanaman herbal ini dapat ditemukan di hutan hujan tropis. Untungnya, Indonesia menjadi salah satu tempat yang masih banyak ditanami pohon kina.


Kandungan yang menjadi andalan tanaman herbal ini terletak pada kulit batang pohon kina yang mengandung senyawa alkaloid penting, yaitu kinin, kinidin, sinkonin, dan sinkonidin. Zat-zat inilah yang telah banyak dimanfaatkan untuk tujuan pengobatan maupun ilmu pengetahuan.


Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman kina, khususnya untuk kesehatan? Simak daftar manfaatnya berikut ini.


Manfaat pohon kina untuk kesehatan


1. Mengatasi malaria


Pemberian ekstrak kina pada penderita malaria bermanfaat untuk meningkatkan kondisi kesehatannya. Ini disebabkan kandungan kina dapat membunuh parasit malaria yang ada di dalam aliran darah tubuh dan gejala penyakitnya juga bisa cepat dikurangi.


Kulit pohon kina mengandung senyawa alkaloid yang efektif untuk mengobati penyakit malaria, terutama zat kinin. Zat ini berperan untuk mengganggu pertumbuhan dan reproduksi parasit malaria yang bertempat di sel darah merah (eritrosit).


Kina dilaporkan mengandung racun protoplasma yang digunakan untuk melawan protozoa penyebab malaria, di antaranya yaitu Plasmodium vivax, Plasmodium falciparum, Plasmodium malariae, dan Plasmodium fatal. Sehingga dapat diartikan bahwa kina menjadi obat antimalaria yang tergolong kuat.


2. Meredakan gangguan pencernaan


Ekstrak pohon kina mengandung alkaloid dan quinovin yang dapat meningkatkan pelepasan cairan pencernaan dan meningkatkan sekresi perut. Hal ini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan, misalnya perut kembung dan masalah perut lainnya.


Sebagai salah satu tonik yang pahit, kandungan kina dapat merangsang air liur, sekresi pencernaan, dan memperbaiki fungsi pencernaan yang lemah. Selain itu, pohon ini juga bisa meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak.


3. Mengobati influenza


Kandungan zat kimia yang ada dalam kulit pohon kina akan bereaksi melawan penyebab influenza. Kulit pohon kina mengandung zat yang mencegah infeksi serta menghilangkan rasa sakit (analgesik) yang bermanfaat untuk mengobati influenza dan mengurangi demam.


Selain itu, kulit kina juga dapat digunakan pada rematik, neuralgia, dan pegal linu. Cara pemanfaatannya sangat mudah, yaitu Anda hanya cukup meminum rebusan air dari kulit kina dan rasakan manfaatnya.


4. Menyehatkan jantung


Kandungan kinidin dari kina digunakan sebagai obat antiaritmia. Selain itu, ini juga digunakan untuk pengobatan beberapa masalah irama jantung, seperti atrial fibrilasi dan takikardia.


Atrial fibrilasi adalah jenis aritmia yang paling sering terjadi berupa aktivitas listrik pada atrium jantung yang tidak teratur. Sementara itu, takikardia adalah kondisi di mana Anda merasa jantung berdetak lebih cepat dan berdebar secara abnormal.


5. Membantu pengobatan kanker


Campuran obat yang mengandung alkaloid berupa kinin dan kinidin dapat menjadi alternatif terapi kanker yang lebih baik. Tentunya, ini menunjukkan bahwa ekstrak dari pohon kina bermanfaat sebagai zat antikanker.


Menurut penelitian, kandungan alkaloid pada kina dapat memperbaiki akumulasi doksorubisin pada sel kanker, yaitu sejenis obat kemoterapi yang digunakan untuk mengobati jenis kanker. Doksorubisin inilah yang bekerja dengan memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker.


Contoh berbagai jenis kanker yang dapat diobati dengan pohon kina di antaranya adalah kanker payudara, kanker hati, kanker limpa, dan organ lainnya.


6. Mengatasi gangguan pembuluh darah


Tanaman yang satu ini juga dapat digunakan untuk kelainan pembuluh darah, seperti wasir, varises, dan kram kaki. Namun, hal ini masih perlu dilakukan penelitian yang lebih jauh untuk mendapatkan keakuratan manfaat kina terhadap berbagai gangguan pada pembuluh darah.


0 Response to "Mengenal Pohon Kina, Tanaman Herbal Dengan Segudang Manfaat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...