Berbagai Hal yang Bisa Membuat Kita Tertular Hepatitis A




Hepatitis A adalah penyakit hati yang menular, yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Penyakit ini bisa terjadi secara ringan yang akan sembuh dalam beberapa minggu, tetapi bisa juga terjadi secara parah dan baru akan sembuh setelah beberapa bulan. Akan tetapi, dibandingkan dengan tipe hepatitis yang lain, hepatitis A adalah tipe hepatitis yang teringan.


Cara penularan hepatitis A


Hepatitis A biasanya menyebar saat virus hepatitis A masuk ke mulut Anda melalui kontak dengan benda, makanan, atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh feses atau tempat duduk dari orang yang sudah terinfeksi hepatitis A. Virus hepatitis A bisa tinggal di udara bebas di luar tubuh manusia selama beberapa bulan. Berikut cara-cara Anda bisa terinfeksi hepatitis A.


Penularan hepatitis A dari orang ke orang:



  • Ketika seseorang yang sudah terinfeksi tidak mencuci tangannya dengan baik setelah pergi dari kamar mandi, lalu menyentuh benda-benda lain, makanan, dan minuman.

  • Ketika orangtua atau perawat tidak mencuci tangannya dengan baik setelah mengganti popok atau membersihkan tempat duduk orang yang sudah terinfeksi hepatitis A.

  • Ketika seseorang melakukan hubungan seksual, termasuk secara anal atau oral, dengan orang yang sudah terinfeksi hepatitis A.


Penularan hepatitis dari makanan atau minuman:


Hepatitis A bisa menular bila Anda memakan atau meminum makanan atau air yang sudah terkontaminasi oleh virus hepatitis A (termasuk makanan beku atau makanan yang belum sepenuhnya matang). Hal ini biasanya lebih mudah terjadi di daerah yang sistem sanitasinya tidak baik dan orang yang kurang higienis alias jorok.


Makanan dan minuman yang paling sering jadi sasaran virus hepatitis A adalah buah, sayur, kerang-kerangan, es, dan air.


Anda tidak boleh mendonorkan darah bila terserang hepatitis A di usia di atas 11 tahun


Kalau Anda pernah terserang hepatitis A saat di usia di bawah 11 tahun, Anda masih tetap bisa mendonorkan darah Anda. Akan tetapi, kalau Anda terserang hepatitis A saat Anda berusia di atas 11 tahun, maka Anda tidak bisa mendonorkan darah Anda. Cek terlebih dahulu ke dokter ahli untuk memastikan lebih lanjut.


Orang-orang yang paling berisiko terserang hepatitis A


Meskipun memang semua orang bisa saja terkena hepatitis A, ada beberapa kelompok orang yang memiliki kemungkinan lebih besar tertular hepatitis A. Berikut di antaranya:



  • Orang yang tinggal atau berkunjung ke negara yang di mana banyak terjadi hepatitis A

  • Laki-laki yang berhubungan seksual dengan laki-laki

  • Orang yang memakai obat-obatan terlarang, termasuk yang memakai jarum suntik atau tidak

  • Mengidap penyakit penggumpalan darah, contohnya hemofilia

  • Tinggal bersama orang yang mengidap hepatitis A

  • Tinggal di daerah yang airnya tidak bersih

  • Melakukan hubungan seksual secara oral-anal dengan orang yang mengidap hepatitis A


Yang harus dilakukan bila sudah tereskpos virus hepatitis A


Kalau Anda merasa berpotensi sudah terekspos virus hepatitis A, cepatlah hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Kalau Anda baru saja terekspos, dan Anda belum pernah mendapatkan vaksin hepatitis A sebelumnya, Anda mungkin bisa diselamatkan dengan injeksi vaksin hepatitis A atau mendapatkan pengobatan immunoglobulin, dalam jangka waktu 2 minggu pertama setelah Anda terekspos oleh virus hepatitis A. Akan tetapi, konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Dokter yang akan menentukan basis yang paling tepat untuk pengobatan hepatitis A untuk Anda, disesuaikan dengan umur dan keadaan kesehatan Anda secara keseluruhan.


Kalau Anda sudah terlanjur terkena hepatitis A, bicarakan dengan dokter Anda untuk mengetahui pengobatan lebih lanjut, termasuk metode untuk melindungi orang-orang di sekitar Anda supaya mereka tidak tertular. Untuk orang-orang yang terserang hepatitis A cukup parah, kemungkinan mereka memerlukan perawatan intensif di rumah sakit.


Bila Anda sudah pernah terkena hepatitis A, maka Anda tidak akan terkena lagi


Sekali Anda terkena hepatitis A, tubuh Anda akan membentuk antibodi yang melindungi Anda supaya tidak terserang lagi oleh virus hepatitis A ke depannya.


0 Response to "Berbagai Hal yang Bisa Membuat Kita Tertular Hepatitis A"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...