Sepak Bola Bisa Jadi Terapi yang Menyehatkan Buat Wanita Hipertensi




Sepak bola merupakan salah satu olahraga mendunia yang banyak digemari semua kalangan. Pria atau wanita dengan usia berapa pun menggemari olahraga yang dilakukan dalam tim ini. Ternyata, bukan hanya seru dan menyenangkan saja, sepak bola pada dasarnya memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, terutama untuk wanita yang memiliki kondisi tekanan darah tinggi (hipertensi). Apa saja manfaat sepak bola untuk wanita dengan hipertensi? Simak penjelasannya di bawah ini


Manfaat main sepak bola untuk wanita hipertensi


Berawal dari ajang Piala Dunia pada tahun 2014 lalu di Brazil, ternyata membawa dampak yang baik untuk para wanita atau ibu-ibu yang berusia 35 sampai 50 tahun. Hal ini disebabkan karena adanya penelitian untuk para wanita di usia tersebut, khususnya bagi mereka yang memiliki kondisi tekanan darah tinggi.


Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Peter Krustrup dari University of Southern Demark dan Asosiasi Sepak Bola di negara Denmark menemukan adanya manfaat sehat dari main sepak bola untuk wanita yang memiliki kondisi darah tinggi.


Studi yang juga diterbitkan dalam Journal of Medicine and Science ini, menjabarkan beberapa efek bermanfaat seperti hubungan detak jantung, stamina, dan kekuatan peserta wanita. Selain itu, bermain sepak bola untuk wanita juga dapat memperbaiki suasana hati, mendukung sosialisasi, dan menunjang kesehatan para wanita yang bermain sepak bola.


Penelitian sepak bola untuk wanita yang dilakukan selama 15 minggu ini membawa dampak positif yang baik untuk tubuh mereka. Ternyata, tekanan darah sistolik (atas) dan diastolik (bawah) berkurang 12/6 mmHg. Selain itu, kadar lemak dalam tubuh juga berkurang sejumlah 2,3 kg. 


Selain efek mengesankan pada tekanan darah dan komposisi tubuh, Profesor Krustrup juga melihat adanya penurunan kolesterol dan peningkatan kebugaran fisik yang besar akibat latihan sepak bola. Hasil akhir juga menunjukkan bahwa dengan berlari-larian mengejar bola bersama-sama merupakan cara yang tepat untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini sama efektifnya seperti minum obat untuk penurun tekanan darah bagi mereka yang memiliki masalah darah tinggi.  


Namun, main sepak bola tidak bisa menggantikan konsumsi obat-obatan dari dokter atau membuat Anda jadi lalai menjaga pola makan sehat yang ramah bagi jantung dan pembuluh darah.


Selain itu, olahraga ini juga dapat digunakan untuk  beberapa macam penyakit yang berhubungan. Diantaranya bisa mencegah diabetes tipe 2 dan serangan jantung.  


Imbangi sepak bola dengan tindakan-tindakan berikut ini untuk mengendalikan tekanan darah


1. Jaga berat badan tetap dalam rentang ideal


Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko hipertensi Sehingga, menurunkan berat badan jika Anda obesitas perlu dilakukan agar tekanan darah lebih terkendali. Untuk mengecek apakah berat badan Anda sudah ideal atau justru tergolong obesitas, cek di bit.ly/indeksmassatubuh atau dalam tautan ini. 


2. Atur pola makan Anda


Makanan dapat memengaruhi tekanan darah Anda. Untuk itu, sebaiknya jaga asupan makanan Anda. Perbanyaklah asupan sayuran, buah-buahan, makanan sumber protein rendah lemak (seperti ikan, tahu, dan tempe), dan biji-bijian (seperti gandum). Pilih produk susu rendah lemak dan batasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti makanan yang digoreng dan junk food.


3. Batasi asupan garam atau natrium


Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam atau natrium tinggi dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah. Batasilah asupan natrium Anda hanya sebesar 2.400 mg atau setara dengan 6 gram garam (sekitar satu sendok teh). Kurangi tambahan garam pada makanan Anda dan batasi konsumsi makanan tinggi natrium, seperti makanan kemasan, makanan kalengan, dan makanan olahan (makanan beku).


0 Response to "Sepak Bola Bisa Jadi Terapi yang Menyehatkan Buat Wanita Hipertensi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...