Normalkah Jika Puting Susu Saya Berwarna Hitam




Tubuh akan terus berubah dari waktu ke waktu, tidak terkecuali juga payudara Anda. Payudara bisa berubah bentuk, ukuran, dan warna. Tak jarang beberapa orang memiliki puting susu yang berwarna hitam. Apakah ini normal? Apa yang menyebabkan puting susu hitam?


Apa yang menyebabkan puting susu hitam?


Puting susu itu sendiri tidak bisa berubah warna, areolalah yang bisa berubah warna. Areola adalah daerah kulit di sekitar puting yang berwarna gelap. Ada beberapa hal yang bisa membuat areola dan puting susu menghitam. Kebanyakan faktor penyebabnya adalah perubahan hormon tubuh.


Masa puber


Puber bisa membuat areola dan puting susu hitam karena di saat ini indung telur (ovarium) sudah mulai menghasilkan hormon estrogen. Kadar estrogen tinggi dalam tubuh akan membuat payudara bertumbuh dan puting susu terangkat. Areola juga akan lebih menggelap warnanya jika dibandingkan sebelum puber.


Menstruasi


Menjelang dan selama menstruasi, beberapa wanita mengeluhkan warna putingnya agak lebih gelap dari biasanya. Lagi-lagi, perubahan hormonlah yang bertanggung jawab atas hal ini. Ketika indung telur melepaskan sel-sel telur selama masa ovulasi, kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh akan meningkat.


Minum pil KB


Pil KB mengandung hormon progestin, versi sintetis dari estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini mengatur siklus menstruasi agar tidak terjadi kehamilan, dan cara kerjanya mirip dengan hormon alami yang ada di tubuh Anda.


Ini dapat menyebabkan daerah di sekitar puting menjadi lebih gelap, tetapi ini akan hilang setelah Anda berhenti minum pil KB. Selain itu, pil KB juga bisa menyebabkan melasma, yaitu timbulnya bercak cokelat atau abu-abu pada sekitar puting.


Kehamilan


Saat janin tumbuh di dalam rahim, payudara mulai memproduksi ASI untuk bayi yang akan lahir dengan menambah lebih banyak estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon kehamilan ini membuat payudara jadi terasa sakit, bengkak, dan lebih sensitif. Areola juga menjadi lebih gelap.


Puting susu hitam selama hamil hanya bersifat sementara. Setelah kehamilan dan menyusui, warna puting susu Anda akan kembali seperti semula.


Menyusui


Sama halnya dengan kehamilan, perubahan hormon yang membantu produksi ASI juga cenderung menyebabkan perubahan warna puting susu Anda.


Selain itu, menurut para ilmuwan puting susu hitam juga dapat membantu bayi yang baru lahir untuk menemukan puting ibu untuk menyusui. Bayi yang baru lahir belum memiliki penglihatan yang baik, tapi sebagian besar bayi dapat membedakan antara gelap dan terang.


Warna puting susu akan kembali seperti sebelumnya seiring waktu, setelah masa menyusui selesai.


Rambut di sekitar puting


Beberapa wanita mungkin memiliki rambut-rambut halus yang tumbuh di sekitar puting susunya. Rambut halus ini mungkin lebih gelap dari sebagian rambut lainnya pada tubuh Anda.


Tumbuhnya rambut halus yang gelap bisa membuat puting susu terlihat lebih gelap, apalagi jika rambut tumbuh dekat puting susu.


Kanker


Penyakit Paget adalah jenis kanker payudara langka yang perkembangannya dimulai di daerah puting. Gejala awal penyakit Paget termasuk puting susu hitam, puting susu menjadi pipih, kulit sekitar puting mengelupas atau berkerak, dan gatal serta kesemutan di sekitar puting.


Umumnya, penyakit ini bisa terjadi pada semua orang setelah pubertas. Namun, ini lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Jika Anda memiliki tanda atau gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.


Diabetes


Puting susu hitam bisa jadi kemungkinan gejala diabetes, sebagai respon tubuh terhadap resistensi insulin. Perubahan warna kulit ini secara khusus disebut acanthosis nigricans, dan sering terjadi di lipatan kulit sekitar ketiak, selangkangan, leher, dan anggota badan. Areola dapat menjadi lebih gelap dan membentuk luka atau plak.


Tidak ada perawatan khusus untuk gejala ini. Namun, menjaga kadar gula darah tetap normal dapat membantu kulit Anda kembali ke warna dan tekstur yang normal.


0 Response to "Normalkah Jika Puting Susu Saya Berwarna Hitam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...