Tips Nyaman Naik Pesawat Bagi Pasien Kanker Payudara




Menggunakan pesawat sebagai transportasi memang lebih cepat dan juga melalui tingkat keamanannya lebih tinggi. Anda harus menjalani skrining tubuh dengan alat pendeteksi logam. Untuk pasien kanker payudara yang menggunakan alat port kemoterapi mungkin akan mengalami beberapa hal yang menganggu kenyamanan, yaitu ketika alat kemoterapi tersebut terdeteksi alat pendeteksi logam. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya hal seperti ini tidak mengganggu kenyamanan perjalanan Anda.


Tips perjalanan pasien kanker payudara


Bergantung dari tingkat keamanan, peraturan yang berlaku, dan kemampuan alat deteksi metal yang digunakan. Saat Anda melewati proses skrining, mungkin alat pendeteksi akan mengeluarkan sinyal bahwa terdapat logam pada tubuh Anda.


1. Alat chemoport


Chemoport biasanya diletakan di bawah kulit bagian dada atau lengan. Alat tersebut bisa mengandung logam bisa juga tidak. Bila mengandung logam, alat tersebut akan terdeteksi. Untuk mengatasinya Anda perlu memberikan kartu identitas yang sebelumnya harus Anda buat atas izin dari dokter. Kartu tersebut menyatakan bahwa Anda (pasien kanker payudara) menggunakan alat tersebut untuk kemoterapi. Biasanya kartu ini berisi catatan dokter mengenai kondisi Anda lengkap dengan tempat praktik, tujuan, dan letak di mana alat kemoterapi diletakkan.


Namun, pada beberapa kasus di berbagai negara yang menerapkan aturan yang ketat, kartu identitas tidak berfungsi penuh. Anda akan diwajibkan melakukan pemeriksaan lebih menyeluruh.


2. Jaringan ekspander


Bila Anda mengalami penyusunan kembali payudara menggunakan implan payudara, pasti di bagian dada Anda terdapat jaringan ekspander. Pada jaringan tersebut terdapat magnet yang bertujuan untuk membimbing ahli bedah plastik menemukan katup untuk mengisi garam ke dalam ekspander.


Jika alat yang digunakan adalah alat pendeteksi logam yang berbentuk tongkat genggam, maka alat tersebut akan mendeteksi adanya kadar garam dalam tubuh Anda. Hal yang harus dilakukan sama seperti sebelumnya, yaitu menunjukkan kartu identitas yang berisikan keterangan Anda sebagai pasien kemoterapi kanker payudara menggunakan implan payudara.


3. Pengobatan jarum suntik


Bila Anda membawa obat suntik seperti procrit atau neupogen, Anda memerlukan semacam alat jarum suntik untuk memasukkannya ke dalam tubuh Anda. Saat dilakukan pemeriksaan dengan sinar X, sebaiknya Anda menyiapkan surat keterangan dokter yang mencakup mengenai pengobatan yang sedang Anda lakukan berikut dengan resep obat-obatan yang Anda gunakan supaya memudahkan petugas mencocokkan alat dan obat yang Anda bawa dengan surat keterangan tersebut.


4. Kenali hak-hak Anda


Di bandara, Anda mungkin diminta untuk melakukan pemeriksaan yang lebih rumit daripada orang pada umumnya. Akan tetapi, Anda juga harus memahami batasan-batasan serta hak-hak Anda sebagai penumpang. Berikut adalah tips-tips agar pemeriksaan tetap berlangsung lancar dan aman.



  • Jelaskan pada petugas bahwa di tubuh Anda terdapat prostesis (bagian tubuh buatan) pada payudara Anda.

  • Mintalah proses skrining dilakukan dengan petugas perempuan dan di ruangan khusus.

  • Mintalah seseorang menemani Anda, misalnya untuk membantu Anda bangun jika Anda memakai kursi roda. Bila tidak ingin, biarkan proses skrining dilakukan sambil duduk.

  • Jangan setuju bila diminta untuk mengangkat baju atau melepas baju Anda, jangan lepaskan bra mastektomi (bra yang digunakan pada pasien kanker payudara) yang Anda gunakan.

  • Jika Anda membawa bra mastektomi di dalam koper Anda, mintalah petugas untuk tidak menyitanya karena ini merupakan bagian dari pengobatan.


Memiliki kanker payudara tidak berarti Anda tidak bisa berlibur. Saat bepergian dan menjalani kemoterapi, kanker payudara memang bisa sedikit memberatkan. Namun, melakukan beberapa tindakan pencegahan dan membuat rencana sebelumnya dapat membantu mempercepat prosesnya.


Bicaralah dengan dokter Anda tentang dokumen yang mungkin Anda butuhkan dan bawa salinannya supaya lancar melewati keamanan bandara dan hindari penundaan yang tidak perlu. Dengan persiapan terlebih dahulu, Anda bisa mendapatkan perjalanan yang nyaman.


0 Response to "Tips Nyaman Naik Pesawat Bagi Pasien Kanker Payudara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...