Peran Penting Vitamin D Dalam Melindungi Tubuh dari Kanker




Manfaat vitamin D selain untuk kesehatan tulang dan penyerapan kalsium, nyatanya juga menawarkan perlindungan kanker yang kuat. Dari 800 laporan penelitian ilmiah yang telah dipublikasikan mengenai hubungan antara vitamin D dan kanker, para ahli telah membuktikan bahwa vitamin ini membantu mengurangi risiko kematian pada kanker payudara, usus besar, paru-paru dan prostat, leukemia, limfoma dan semua kombinasi kanker lainnya.


Manfaat vitamin D untuk mengurangi risiko kanker


Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association, para peneliti menemukan jika salah satu manfaat vitamin D adalah menurunkan risiko kena kanker. Penelitian yang dilakukan selama empat tahun tersebut melibatkan lebih dari dua ribu wanita yang sudah menopause. Rentang usia para peserta yaitu 55 tahun ke atas.


Hasilnya, wanita yang diberi vitamin D3 dan suplemen kalsium secara rutin memiliki risiko 30% lebih rendah terkena kanker. Perbedaan tingkat kejadian kanker antar kelompok memang tidak cukup nyata kalau dilihat dari data statistiknya saja. Namun, dalam analisis lebih lanjut, kadar vitamin D dalam darah, khususnya 25-hydroxyvitamin D (25 (OH) D), secara signifikan lebih rendah pada wanita yang memiliki kanker daripada mereka yang sehat.


Selain itu, penelitian lain juga menemukan bahwa tingkat kejadian dan kematian kanker tertentu lebih rendah terjadi di daerah yang mendapatkan banyak sinar matahari. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari bisa memicu produksi vitamin D dalam tubuh.


Penelitian tambahan telah mengonfirmasi bahwa vitamin D dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dengan beberapa cara. Vitamin D mengubah gen yang mengendalikan peradangan, kematian sel dan proliferasi sel, serta mengganggu hormon pertumbuhan IGF-1 dan hormon lainnya yang memicu pertumbuhan tumor.


Tidak hanya itu, vitamin D juga diketahui mampu memperbaiki kerusakan DNA, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menghambat angiogenesis, yaitu zat yang berperan penting dalam pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.


dampak kurang vitamin d


Sumber vitamin D terbaik


Vitamin D bisa ditemukan dari berbagai macam hal. Tapi, 80% vitamin D yang dibutuhkan tubuh berasal dari sinar matahari. Pasalnya, tubuh Anda akan memproduksi vitamin D secara otomatis ketika terpapar sinar matahari dengan mengubah kolesterol pada kulit menjadi calcitriol (vitamin D3). Vitamin ini merupakan bentuk lain dari vitamin D yang akan langsung disalurkan ke hati dan ginjal untuk menghasilkan vitamin tersebut yang dibutuhkan oleh tubuh.


Namun, karena risiko kanker kulit, sampai saat ini tidak ada rekomendasi secara resmi berapa banyak atau berapa lama Anda harus terpapar sinar matahari.


Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan setiap orang untuk berjemur di bawah sinar matahari langsung setidaknya 5 sampai 15 menit di lengan, tangan, dan wajah. Berjemurlah minimal dua sampai tiga kali dalam seminggu tanpa menggunakan tabir surya. Di Indonesia, waktu berjemur yang direkomendasikan adalah mulai pukul 10 pagi hingga 2 siang.


Selain sinar matahari, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Beberapa makanan yang diketahui mengandung vitamin D tinggi adalah minyak ikan cod, salmon, tuna, sarden, kuning telur, hati sapi, susu, jamur kancing, dan sebagainya.


0 Response to "Peran Penting Vitamin D Dalam Melindungi Tubuh dari Kanker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...