Main HP Sebelum Tidur Bikin Anda Mudah Sakit




Di era teknologi modern seperti sekarang ini, rasanya wajar-wajar saja untuk pulang ke rumah untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas dengan main HP sebelum tidur untuk membaca tweet-tweet lucu atau melanjutkan episode terbaru serial TV favorit Anda di laptop.


Namun jika belakangan ini Anda jadi lebih sulit tidur malam, mungkin layar perangkat elektronik Anda yang harus disalahkan. Pancaran sinar dari layar ponsel atau laptop sebelum tidur malam tak hanya dapat merusak pola tidur, namun juga dipercaya membahayakan kesehatan tubuh kita secara umum. Wah, kenapa ya?


Main HP sebelum tidur mengganggu kerja jam biologis tubuh


Setiap orang memiliki jam biologis tubuh (ritme sirkadian) yang berbeda, tapi pada umumnya sepanjang 24 jam dan 15 menit. Ritme sirkadian dari orang-orang yang suka tidur larut malam akan lebih panjang, sedangkan ritme dari orang-orang yang rajin bangun pagi akan lebih pendek dari 24 jam.


Ritme sirkadian bekerja menanggapi perubahan cahaya terang dan gelap. Panjang gelombang cahaya yang berbeda memiliki efek yang berbeda pula pada produksi melatonin, hormon tidur. Disebut demikian karena melatonin akan berada pada tingkat terendahnya pada siang hari, dan mulai dilepaskan dalam jumlah yang lebih banyak beberapa jam sebelum tidur sebagai cara tubuh mengatakan, Hei, ini waktunya kamu tidur dan memuncak di tengah malam di waktu yang paling gelap gulita saat Anda terlelap. Begitu tubuh terkena sinar matahari pagi (cahaya alami), jam biologis tubuh akan mengulang kembali siklusnya dengan menghentikan produksi si hormon pembuat ngantuk ini.


Tubuh manusia ditemukan paling lemah terhadap spektrum cahaya biru, yang juga ditemukan dalam pancaran sinar dari layar perangkat elektronik. Saat Anda menghabiskan waktu untuk main HP sebelum tidur, pancaran sinar terang dari ponsel meniru sifat cahaya alami matahari. Akibatnya, jam biologis tubuh menganggap cahaya ini sebagai sinyal bahwa hari masih pagi, dan karena itu produksi melatonin jadi terganggu. Singkatnya, berjam-jam main HP sebelum tidur malah bikin Anda tambah semangat sehingga Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk akhirnya bisa terlelap. Bahkan, setelah waktu tidur malam yang cukup sekalipun, orang-orang yang sibuk menatap layar HP sebelum tidur ditemukan lebih sulit bangun pagi dan lebih loyo serta mudah mengantuk sepanjang hari.


Perubahan pola tidur mengacak-acak sistem jam biologis tubuh, yang pada gilirannya membawa dampak merugikan pada kesehatan. Ini karena jam biologis tubuh tidak hanya mengendalikan kewaspadaan dan kesiagaan alam sadar kita tapi juga mengatur jam kerja setiap organ dalam tubuh. Dengan kata lain, faktor stres yang memengaruhi fungsi jam biologis tubuh kita, seperti pancaran sinar layar perangkat elektronik, dapat memiliki konsekuensi yang lebih serius dari yang kita duga.


Main HP sebelum tidur bikin Anda mudah jatuh sakit


Penelitian telah mengaitkan buruknya kualitas dan kuantitas tidur dengan penurunan kreativitas, menumpulnya kinerja atletik, kurang fokus, dan lebih rentan terhadap stres. Gangguan ritme sirkadian akibat penurunan kadar melatonin dalam tubuh juga telah ditemukan terkait dengan faktor risiko penyebab obesitas, diabetes, penyakit jantung, serta beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat.


Kurang tidur juga berhubungan dengan sejumlah penyakit lainnya. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur memiliki tingkat protein pemicu peradangan yang lebih tinggi dalam aliran darahnya daripada orang-orang yang tidur cukup. Kandungan protein C-reaktif, yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi pada orang-orang yang mendapatkan tidur hanya enam jam atau lebih sedikit sepanjang malam.


Bahkan cahaya kamar yang redup pun dapat mengganggu ritme sirkadian dan produksi melatonin tubuh, ungkap Stephen Lockley, seorang peneliti tidur dari Harvard. Cahaya di malam hari adalah faktor penting dari sebagian alasan mengapa begitu banyak orang tidak mendapatkan cukup tidur malam, kata Lockley. Peneliti juga telah menghubungkan kurangnya waktu tidur dengan peningkatan risiko depresi. Jadi, masih mau main HP sebelum tidur?


0 Response to "Main HP Sebelum Tidur Bikin Anda Mudah Sakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...