Main Basket Dapat Menambah Tinggi Badan, Apa Benar




Seringnya, banyak orang bilang bahwa olahraga, seperti basket, dapat membantu Anda dalam menambah tinggi badan. Tak heran, banyak orangtua yang menyarankan anaknya, terutama anak laki-laki biasanya, untuk bermain basket. Adanya gerakan loncat saat Anda main basket mungkin menjadi alasan mengapa basket dapat menambah tinggi badan. Tapi, apakah ini benar?


Apa hubungannya main basket dengan menambah tinggi badan?


Banyak orang mengira bahwa main basket dapat menambah tinggi badan atau membuat lebih tinggi. Namun, tampaknya hal ini masih diragukan. Beberapa peneliti berpendapat bahwa melompat saat main basket dapat membuat tubuh melepaskan hormon pertumbuhan, dan hormon inilah yang memicu pertumbuhan tinggi badan. Melompat juga dapat meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh yang bekerja saat melompat, seperti kaki dan tulang belakang, sehingga juga dapat membantu menambah tinggi badan. Hal ini mungkin benar, tapi bukan berarti main basket dapat langsung membuat tinggi badan Anda bertambah dan Anda lebih tinggi.


Basket dan tinggi badan tidak mempunyai hubungan langsung. Orang yang rajin main basket bisa saja tidak lebih tinggi daripada orang yang tidak main basket. Hal ini bisa terjadi karena memang tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, tidak hanya dari main basket.


Namun begitu, Anda disarankan untuk melakukan olahraga (tidak hanya basket) sebagai upaya untuk membantu pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tinggi badan. Kombinasi antara gen, nutrisi, dan hormon pertumbuhan yang baik dapat menghasilkan pertumbuhan tinggi badan yang optimal.


Apa saja yang memengaruhi tinggi badan?


Banyak faktor yang memengaruhi tinggi badan, mulai dari faktor yang tidak bisa Anda ubah sampai pada faktor yang bisa Anda perbaiki. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi tinggi badan Anda adalah:


Genetik


Ini merupakan salah satu faktor utama yang dapat memengaruhi tinggi badan Anda. Genetik bisa Anda dapatkan dari kedua orangtua Anda, dari ayah dan ibu. Jika kedua orangtua Anda mempunyai badan yang tinggi, Anda mempunyai kesempatan lebih besar untuk bisa tinggi.


Hormon


Hormon dalam tubuh tentu dapat memengaruhi pertumbuhan tinggi badan yang Anda punya. Pertumbuhan tulang sangat erat kaitannya dengan hormon, terutama hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan dapat dilepaskan oleh tubuh saat Anda melakukan aktivitas, seperti berolahraga, dan saat Anda tidur.


Nutrisi


Nutrisi yang Anda dapatkan dari kecil, bahkan sejak Anda berada dalam kandungan turut memengaruhi pertumbuhan tinggi badan Anda. Nutrisi yang kurang terpenuhi dapat menyebabkan pertumbuhan tulang Anda terhambat. Sebaliknya, nutrisi yang cukup sejak kecil dapat mendukung pertumbuhan tulang Anda, sehingga Anda bisa mencapai tinggi badan optimal. Beberapa nutrisi yang memengaruhi pertumbuhan tulang adalah kalsium, fosfor, seng, magnesium, dan kromium.


Olahraga


Upayakan untuk selalu berolahraga (apapun itu olahraganya) saat remaja, sebelum pertumbuhan tinggi badan Anda berhenti. Remaja merupakan kesempatan terakhir Anda untuk memperbaiki tinggi badan yang Anda punya. Karena, setelah remaja, pertumbuhan tulang untuk tumbuh memanjang akan berhenti. Olahraga yang bisa Anda lakukan selain basket adalah berenang, voli, yoga, dan lainnya.


Tidur


Tahukah Anda bahwa hormon pertumbuhan yang mendukung pertambahan tinggi badan banyak dilepaskan pada saat Anda tidur nyenyak? Tak heran, anak kecil membutuhkan tidur lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Karena, saat tidur, tubuh anak banyak melakukan pertumbuhan.


0 Response to "Main Basket Dapat Menambah Tinggi Badan, Apa Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...