Berbagai Gejala Kanker Mulut yang Sama Sekali Tidak Boleh Diabaikan




Kanker adalah pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang tadinya sehat berubah menjadi sel kanker. Karena dimulai dari sel, maka kanker bisa terjadi di bagian tubuh manapun. Termasuk di mulut. Kanker mulut mencakup seluruh daerah mulut, mulai dari bibir, lidah, pipi, dasar mulut, gusi, langit-langit mulut, sinus (rongga hidung yang tersambung ke mulut), dan tenggorokan. Kanker mulut dan tenggorokan menduduki peringkat ke-enam sebagai kanker yang paling banyak menyerang secara global. Apa penyebab kanker mulut dan seperti apa ciri kanker mulut?


Apa penyebab kanker mulut?


Penyebab kanker mulut sampai sekarang belum diketahui pasti. Namun beberapa faktor risiko tertentu dapat memicu perkembangan sel kanker yang mengganas di area mulut. Misalnya, kebersihan oral (mulut dan gigi) yang buruk, penyakit gusi kronis, gigi berlubang yang tidak terobati, kebiasaan merokok dan minum minuman keras, infeksi virus HPV, paparan sinar matahari berlebih, hingga genetik.


Studi terdahulu menemukan bahwa perokok berisiko hingga 1.6 kali lebih tinggi untuk terkena kanker mulut. Sementara itu, risiko kanker mulut pada orang-orang yang tidak menjaga kebersihan mulut-giginya dengan baik meningkat hingga 2.34 kali lipat daripada orang yang menjaga kebersihan mulutnya.


Seberapa tinggi angka harapan hidup dari pasien kanker mulut?


Angka harapan hidup pasien kanker mulut dapat dikatakan cukup tinggi, yaitu 81% pada 1 tahun pertama, 56% pada 5 tahun pertama, dan 41% pada tahun ke-10.


Namun umumnya kanker mulut terdeteksi saat sudah stadium lanjut. Pasalnya, ciri kanker mulut pada tahap awal tidak terlalu gamblang, sehingga sering diabaikan. Bahkan, kanker mulut seringkali ditemukan oleh dokter gigi saat melakukan kontrol gigi rutin. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui gejala awal dari kanker mulut.


Gejala dan ciri kanker mulut yang harus Anda waspadai


Berikut ini tanda dan ciri kanker mulut yang perlu Anda waspadai:



  • Pembengkakan/penebalan, benjolan, bintik-bintik kasar, atau daerah yang terkikis pada bibir, gusi, atau daerah lain di dalam mulut.

  • Muncul bercak berwarna putih, merah, ataupun berbintik-bintik yang bertekstur seperti beludru di dalam mulut. Bercak-bercak putih ini disebut sebagai leukoplakia, merupakan ciri kanker mulut yang paling umum.

  • Perdarahan bibir, gusi, pipi dalam, atau lidah tanpa sebab

  • Mati rasa/baal tanpa sebab, kehilangan atau penurunan kemampuan mengecap.

  • Luka persisten pada daerah wajah, leher, atau mulut yang mudah berdarah dan tidak sembuh dalam waktu dua minggu.

  • Adanya perasaan nyeri atau mengganjal pada daerah belakang tenggorokan yang berlangsung lama.

  • Kesulitan mengunyah atau menelan, berbicara, atau menggerakkan rahang atau lidah.

  • Suara serak, sakit tenggorokan kronis, atau perubahan suara.

  • Nyeri telinga.

  • Penurunan berat badan secara drastis.


Apabila Anda tidak memiliki gejala dan ciri kanker mulut di atas, tetap disarankan untuk melakukan pencegahan dengan melakukan pemeriksaan mandiri setidaknya sebulan sekali. Ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan cahaya dan cermin serta meraba sendiri seluruh bagian mulut. Namun jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan rutin di dokter gigi.


American Cancer Society merekomendasikan pemeriksaan skrining kanker mulut setiap 3 tahun untuk orang berusia di atas 20 tahun dan setiap tahunnya untuk orang-orang yang berusia di atas 40 tahun. Dan apabila Anda menemukan gejala di atas, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri kepada dokter ataupun dokter gigi.


0 Response to "Berbagai Gejala Kanker Mulut yang Sama Sekali Tidak Boleh Diabaikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...