Tanda-tanda Anda Punya Citra Tubuh yang Negatif (Bukan Sekadar Tidak Pede)




Umumnya para remaja, terutama wanita sering merasa tidak puas dengan bentuk tubuh atau berat badan yang dimilikinya. Melihat artis-artis di televisi yang memiliki tubuh langsing menjadi acuannya. Sehingga banyak wanita yang ingin menjadi seperti itu dan untuk mecapainya, mereka melakukan diet ketat yang justru mengarah pada penyimpangan makan. Jika Anda mengalami hal ini, ada kemungkinan Anda memiliki citra tubuh yang negatif. Berikut penjelasannya dan tanda yang menunjukkan kondisi itu.


Apa itu citra tubuh yang negatif?


Citra tubuh mencakup cara seseorang memandang tubuhnya sendiri. Hal ini mengacu pada bagaimana Anda berpikir tentang tubuh Anda, merasa, dan bereaksi terhadap persepsi Anda tentang fisik Anda. Bagaimana citra tubuh Anda terbentuk dipengaruhi oleh banyak hal. Di antaranya budaya, keluarga, teman sebaya, media, dan lain sebagainya.


Citra tubuh bisa menjadi positif jika Anda menilai diri Anda secara positif. Citra tubuh dapat menjadi negatif jika Anda mengacu pada pandangan yang tidak realistis tentang bagaimana seseorang menilai tubuh mereka.


Punya citra tubuh yang negatif dapat berlanjut menjadi gangguan makan. Hal ini paling sering terjadi pada wanita, namun banyak juga pria mengalami hal tersebut. Sifat kepribadian seperti perfeksionisme dan sering mengkritik diri juga dapat memengaruhi perkembangan penyimpangan citra tubuh yang negatif.


Gejala yang terlihat jika Anda memiliki citra tubuh yang negatif



  • Sering bercermin dan menilai diri sendiri memiliki kekurangan fisik yang berlebihan

  • Selalu mengambil hati atau terlalu memikirkan komentar orang lain soal penampilan atau tubuh Anda

  • Sering membandingkan tubuh Anda dengan orang lain dan merasa tubuh orang lain menarik, sedangkan tubuh Anda merupakan sebuah bentuk kegagalan diri

  • Anda merasa tidak nyaman dan canggung terhadap tubuh Anda

  • Anda merasa malu dan cemas dengan tubuh Anda

  • Rela diet ketat atau melakukan cara-cara ekstrem lainnya untuk memperbaiki penampilan


Apa yang menyebabkan orang memiliki citra tubuh yang negatif?


Citra tubuh negatif akan menimbulkan rasa tidak puas dan tidak percaya diri. Hal ini merupakan proses internal namun dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal. Misalnya keluarga, kerabat yang Anda temui dan media. Semua itu memiliki dampak pada bagaimana seseorang melihat dan merasakan tentang diri mereka sendiri dan penampilan mereka.


Seseorang dalam lingkungan yang sangat mementingkan penampilan atau mereka yang sering dikritik tentang penampilan mereka memiliki risiko mengalami ketidakpuasan tubuh.


Salah satu faktor eksternal yang paling umum terhadap ketidakpuasan tubuh adalah media. Media memainkan peran yang sangat besar dalam menciptakan suatu standar penampilan diri yang tidak realistis, yang pada akhirnya memaksa Anda membangun persepsi atas tubuh Anda untuk mengikuti standar tersebut agar bisa diterima oleh masyarakat. Terutama dari segi idealitas kecantikan dan ekspektasi bentuk tubuh.


0 Response to "Tanda-tanda Anda Punya Citra Tubuh yang Negatif (Bukan Sekadar Tidak Pede)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...