Tabir Surya Bisa Bikin Anda Kekurangan Vitamin D Begini Caranya Supaya Aman




Apakah Anda terbiasa menggunakan tabir surya ketika akan memulai aktivitas Anda? Ya, tabir surya alias sunscreen atau sunblock memang diandalkan untuk melindungi dan mencegah kulit Anda terbakar akibat sinar matahari. Tapi tahukah Anda jika penggunaan tabir surya dapat menyebabkan Anda kekurangan vitamin D? Berikut adalah penjelasannya.


Penggunaan tabir surya mengakibatkan kekurangan vitamin D


Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang larut lemak dan berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Di dalam tubuh, vitamin D ini membantu tulang untuk menyerap semua kalsium, sehingga tulang Anda tak menjadi rapuh karena kekurangan kalsium. Oleh sebab itu, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis atau patah tulang, akibat tulang yang tak kuat dan padat.


Anda mungkin saja berisiko mengalami kekurangan vitamin D akibat menggunakan tabir surya terlalu sering. Pernyataan sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian baru yang dilaporkan dalam American Osteopathic Association. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pemakaian tabir surya dengan kandungan 15 SPF atau lebih tinggi, ternyata dapat menurunkan tingkat penyerapan vitamin D sebanyak 99%.


Mengapa tabir surya menyebabkan kekurangan vitamin D?


Sebagian besar dari Anda mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dan jarang terpapar sinar matahari. Sementara, ketika melakukan aktivitas di luar ruangan, Anda pasti menggunakan tabir surya.


Tabir surya memiliki fungsi untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar ultraviolet matahari. Semakin tinggi kadar sun protection factor (SPF) yang dimiliki tabir surya, maka semakin tinggi pula kemampuannya untuk menghalangi penyerapan sinar ultraviolet.


Sementara, vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari terbentuk jika kulit Anda terpapar dengan sinar ultraviolet B (UVB). Saat kulit terkena sinar UVB, maka secara alami tubuh Anda akan membentuk vitamin D3 (cholecalciferol), yang kemudian akan diolah oleh hati dan ginjal untuk dijadikan vitamin D.


Bila Anda menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi setiap Anda beraktivitas di luar, maka kecil kesempatan untuk tubuh menangkan sinar UVB dan membentuk vitamin D. Kemudian pada akhirnya Anda berisiko untuk mengalami kekurangan vitamin D.


Lalu, bagaimana cara pakai tabir surya agar tetap aman?


Bukan berarti Anda tak boleh lagi pakai tabir surya. Tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). UVA diketahui dapat menyebabkan penuaan dini dan membuat kulit keriput. Sementara UVB bisa mengakibatkan kulit terbakar dan kanker kulit.


Lalu bagaimana bisa mendapatkan vitamin D dari matahari? Sebenarnya, tubuh Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Anda dapat berjemur sebentar di siang hari setidaknya 2 kali dalam seminggu tanpa menggunakan tabir surya.


Dengan durasi yang sebentar, Anda bisa mendapatkan vitamin D sesuai dengan kebutuhan dan tak perlu khawatir untuk terbakar atau terkena gangguan kulit, karena paparan sinarnya tak terlalu lama.


0 Response to "Tabir Surya Bisa Bikin Anda Kekurangan Vitamin D Begini Caranya Supaya Aman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...