Berbagai Zat Gizi yang Didapat Jika Anda Makan Ikan Kakap




Ikan adalah salah satu sumber protein yang baik selain daging sapi atau daging ayam. Jenis ikan yang cukup disukai dan laris di pasaran adalah ikan kakap. Ya, ikan yang berasal dari perairan laut dalam ini ternyata punya kandungan nutrisi yang cukup banyak. Bahkan makan ikan kakap bisa membantu penuhi kebutuhan harian zat gizi Anda. Lantas, apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalamnya?


Tidak suka makan ikan kakap? Coba ketahui dulu kandungan gizinya


Kandungan protein yang ada di dalam ikan kakap tentu tidak perlu diragukan lagi. Dalam 100 gram ikan kakap, terdapat sebanyak 20,51 gram protein. Ya, ikan kakap bisa Anda andalkan sebagai sumber protein yang punya jumlah kalori yang rendah, sehingga aman bagi Anda yang sedang dalam diet ketat. Selain jumlah kalori rendah dan proteinnya yang tinggi, apalagi zat gizi yang terkandung di dalamnya?


1. Lemak baik


Jangan khawatir, makan ikan kakap juga tidak akan membuat lemak total dalam tubuh melonjak. Pasalnya, lemak yang dimiliki ikan ini termasuk lemak yang baik, yaitu lemak tidak jenuh. Di dalam tubuh, lemak tidak jenuh akan membantu menjaga kesehatan jantung.


Selain itu, terdapat juga asam lemak omega-3 yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. 100 gram ikan kakap, terdapat sebanyak 0,31 gram asam lemak omega-3. American Heart Associaation menyatakan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam omega-3 tinggi, maka akan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal.


2. Mineral


Ada banyak kandungan mineral yang ada di dalam ikan kakap. Jika Anda makan ikan kakap sebanyak 100 gram, maka mineral yang Anda dapatkan yaitu:



  • Kalsium: 32 mg

  • Zat besi: 0,18 mg

  • Fosfor: 198 mg

  • Zink: 0,36 mg


Mineral yang terkandung di dalam ikan kakap cukup beragam, sehingga makan ikan kakap juga bisa bikin kebutuhan mineral tubuh terpenuhi. Berbagai mineral tersebut memiliki manfaat masing-masing bagi tubuh, namun sebagian besar berperan dalam pertumbuhan serta perkembangan sel tubuh.


3. Vitamin


Tak hanya kaya mineral, namun juga makan ikan kakap dapat membantu memenuhi sebagian kebutuhan mineral Anda. Kandungan vitamin yang ada di dalam 100 gram ikan kakap yaitu:



  • Vitamin A: 106 IU

  • Vitamin D: 408 IU


Selain itu, ada berbagai vitamin B di dalamnya, dari folat, tiamin, niacin, hingga riboflavin. Vitamin B telah terbukti baik bagi kesehatan otak. Sementara, vitamin A diperlukan bagi kesehatan mata dan vitamin D adalah penentu kesehatan tulang.


Seberapa banyak ikan kakap yang harus dikonsumsi dalam satu hari?


Sebenarnya, Anda bisa mengonsumsi ikan kakap untuk dijadikan lauk setiap makan besar. Tiap kali makan besar, Anda sebaiknya mengonsumsi satu porsi ikan kakap saja, atau setara dengan 40 gram ikan (seukuran setengah telapak tangan). Selain itu, sebaiknya hindari cara memasak yang digoreng, karena hanya akan membuatnya berlemak dan jadi kurang baik bagi kesehatan.


Meskipun memang punya kandungan gizi yang sangat banyak, namun sebaiknya Anda variasikan juga menu lauk Anda dengan sumber protein yang lain. Jadi, tubuh akan semakin banyak mendapatkan nutrisi.


0 Response to "Berbagai Zat Gizi yang Didapat Jika Anda Makan Ikan Kakap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...