Tips Hidup Sehat Jika Anda Memiliki Detak Jantung Tidak Normal (Fibrilasi Atrial)




Pernahkah Anda merasa detak jantung tidak normal? Setiap orang setidaknya pernah merasakan detak jantung tidak normal satu kali selama hidupnya. Namun hati-hati jika Anda mengalaminya lebih dari satu kali, sebab kondisi tersebut bisa menjadi tanda dari masalah pada jantung yang lebih besar.


Fibrilasi atrial, kondisi detak jantung tidak normal yang paling sering terjadi


Dalam bahasa medis, detak jantung yang tidak normal disebut dengan aritmia. Aritmia merupakan kondisi jantung yang berdetak secara abnormal, entah itu terlalu cepat, terlalu lambat, berdetak terlalu dini (prematur), atau tidak beraturan. Tetapi kondisi yang paling banyak dialami adalah detak jantung yang tidak beraturan atau disebut dengan fibrilasi atrial masih termasuk jenis aritmia.


Fibrilasi atrial adalah faktor risiko yang cukup kuat untuk memprediksi kematian muda. Seseorang yang mengalami detak jantung tidak normal jenis ini berisiko 5 kali lebih tinggi untuk terkena stroke atau penyumbatan pembuluh darah di otak  dan menyebabkan kematian.


Lalu bagaimana caranya agar tetap sehat meski mengalami detak jantung tidak normal?


Terdengar menakutkan memang, oleh karena itu tidak jarang orang yang telah didiagnosis mengalami detak jantung tidak normal akan merasa stres dan depresi, takut dengan kondisi kesehatannya. Namun jangan khawatir dulu, selain Anda bisa melakukan pengobatan di bawah pengawasan dokter ahli, Anda juga dapat melakukan beberapa tips berikut untuk meningkatkan kualitas hidup dan mencegah kesehatan jantung Anda menurun.


1. Jangan abaikan tanda dan gejala yang muncul


Tidak jarang memang orang yang mengalami fibrilasi atrial tak menimbulkan masalah apapun jika gaya hidupnya terjaga dan sehat. Namun untuk sebagian orang lain yang mengalaminya, fibrilasi atrial ini akan menimbulkan gejala seperti susah bernapas, kelelahan, lemas, dan dada sakit. Apabila Anda merasakan salah satu dari gejala tersebut, sebaiknya langsung periksakan ke dokter.


2. Pola makan harus dijaga


Tidak lagi sebebas sebelum Anda sakit, mulai sekarang Anda harus pintar-pintar memilih makanan yang Anda konsumsi. Hindari makanan yang mengandung kadar lemak jenuh, lemak trans, kolesterol yang tinggi. Sama halnya dengan gula, Anda juga harus menghindari makanan yang mengandung banyak gula. Semua makanan tersebut hanya akan membuat kondisi jantung Anda memburuk secara perlahan.


3. Melakukan olahraga rutin


Olahraga adalah salah satu cara untuk mencegah komplikasi atau masalah kesehatan lain muncul. Dalam beberapa studi menunjukkan bahwa pasien yang mengalami fibrilasi atrial dan melakukan olahraga dengan rutin cenderung dapat mengendalikan kesehatannya dibandingkan dengan yang tidak. Namun sebelum berolahraga, lebih baik tanyakan kepada dokter Anda jenis dan frekuensi olahraga yang tepat untuk Anda.


4. Jauhkan cangkir kopi dari Anda


Mengonsumsi kopi yang terlalu banyak hanya akan memicu tekanan darah Anda meningkat. Jika tekanan darah meningkat maka kondisi kesehatan Anda mungkin saja menjadi lebih buruk. Tidak hanya kopi saja, berbagai makanan yang mengandung kafein, seperti teh, cokelat, dan soda, sebaiknya Anda hindari sekarang.


0 Response to "Tips Hidup Sehat Jika Anda Memiliki Detak Jantung Tidak Normal (Fibrilasi Atrial)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...