Mencegah Keriput Lewat Facial Yoga, Benar Efektif Atau Cuma Iklan




Facial yoga digadang bisa membuat Anda tampak awet muda karena bisa mencegah munculnya keriput dan garis halus di wajah. Tapi apakah klaim ini bisa dipercaya? 


Apa itu facial yoga?


Facial yoga adalah tren perawatan wajah kekinian yang biasa dilakukan oleh selebritas Hollywood, seperti Jennifer Aniston dan Gwyneth Paltrow. Facial yoga pada dasarnya adalah gerakan senam wajah yang bertujuan untuk meluweskan otot-otot wajah beserta kulitnya. Dari sinilah klaim mencegah keriput berasal. 


orang-orang yang mempopulerkan facial yoga percaya bahwa facial yoga sangat efektif mencegah keriput karena otot wajah melekat langsung pada kulit dan bukan pada tulang.Sederhananya, melakukan gerakan yang membiarkan otot wajah bekerja bisa membuat kulit lebih kencang dan halus.


Bagaimana cara melakukan facial yoga?


Gerakan facial yoga biasanya meliputi membuka mulut lebar-lebar sambil menjulurkan lidah hingga dagu, gerakan ini dilakukan sambil membuka mata lebar-lebar dan mengarahkan pandangan ke atas. Bisa juga dengan menyunggingkan senyum Anda selebar mungkin.


Lalu, kembali ke posisi awal dengan bibir membentuk huruf O penuh dan biasanya sambil mengucapkan huruf vokal seperti A, I, U, E, ataupun kata-kata seperti bi, qu dan ai dengan jelas dan ekspresi wajah yang sesuai hingga sepuluh detik.


Namun menurut ahli medis di American Academy of Dermatology, pengulangan mengedipkan mata atau menyipitkan mata yang Anda praktikkan di depan cermin setiap hari justru dapat memperburuk kondisi kulit. Pergerakan kulit mengikuti pola tertentu ternyata bisa menjadi penyebab kulit wajah jadi kendur.


Sembarangan senam wajah bikin kulit keriput


Menurut American Academy of Dermatology, keriput adalah lipatan, garis, atau kerutan yang muncul pada kulit. Kondisi ini merupakan tanda utama dari proses penuaan yang tak bisa Anda hindari. Paparan sinar matahari dan kebiasaan merokok adalah penyebab keriput datang lebih cepat pada wajah Anda.


Namun, penyebab keriput yang biasa terlihat di  wajah, seperti di hidung, bibir, telinga, mata, rahang, leher, punggung tangan, dan bahu adalah ekspresi wajah yang Anda buat setiap hari. Selama bertahun-tahun, ekspresi yang sering Anda buat ini terukir di wajah Anda secara permanen.


Dr. Francis Papay, kepala Dermatology and Plastic Surgery Institute di Klinik Cleveland, ragu terhadap klaim bahwa facial yoga bisa membuat Anda awet muda karena kurangnya penelitian.


American Academy of Dermatology menyarankan siapa saja yang telah melakukan senam wajah untuk segera berhenti melakukannya. Menurut mantan presiden American Academy of Dermatology Wilma Bergfeld, senam wajah sangat tidak disarankan karena justru dikhawatirkan membuat lebih banyak keriput di wajah Anda. Melakukan gerakan facial yoga justru bisa menghilangkan elastisitas kulit.


0 Response to "Mencegah Keriput Lewat Facial Yoga, Benar Efektif Atau Cuma Iklan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...