Cara Mudah Atasi Tumit Pecah-Pecah

Kulit pada tumit rentan mengalami kondisi kering dan pecah-pecah. Bahkan, pada kondisi serius bisa mengakibatkan perdarahan, infeksi hingga rasa sakit yang dirasakan saat tumit digunakan untuk berdiri maupun berjalan.

Penyebab dari kondisi tumit kering dan pecah-pecah cukup beragam, antara lain:
1.Adanya kulit tumit yang terpapar oleh udara dingin dan panas dalam ruangan.
2.Adanya sepatu dan sepatu bot yang tidak terlalu pas di kaki.
3.Perawatan kaki sehari-hari yang kurang maksimal.
4.Banyak berdiri seharian.

Untuk mengobati kondisi kulit tumit yang pecah-pecah, coba tips ini: 

1.Tumit merupakan bagian kaki yang terus-menerus bergerak sehingga memerlukan alas kaki yang benar-benar pas dan sesuai dengan ukuran kaki. Jika sepatu terlalu besar ukurannya, dapat terjadi pergesekan antara kulit tumit dengan sepatu yang kebesaran secara terus-menerus, hingga mengakibatkan kulit pecah-pecah dan kasar. Pastikan sepatu Anda pas di kaki, serta cukup ruang bagi jempol kaki untuk bergerak dan ukuran sekitar tumit yang pas. 

2.Seringlah membasuh dan mencuci kaki dengan air hangat dan bersabun. Jangan menggunakan air yang terlalu panas karena dapat mengeringkan kulit. Pada para penderita diabetes, air panas juga dapat menjadi berbahaya karena sirkulasi ke daerah kaki yang cenderung terbatas sehingga kaki rentan bermasalah.

3.Selalu keringkan kaki secara menyeluruh, terutama di sela-sela jari kaki karena jamur dan bakteri rentan tumbuh subur di bagian-bagian kaki yang lembap, hangat dan gelap.

4.Lembapkan kulit di sekitar kaki dengan lotion. Jika lotion yang biasanya digunakan kurang lembut bagi kulit, mintalah rekomendasi dari apoteker atau dokter untuk lotion yang khusus menangani area kulit tumit yang pecah-pecah. 

5.Jangan mengoleskan lotion pada sela-sela jari kaki dan selalu kenakan kaus kaki katun.

6.Merendam kaki dapat juga membantu mengatasi kulit tumit yang pecah-pecah. Rendam kaki selama 10-15 menit, tiga kali dalam seminggu. Jangan lebih lama dari waktu tersebut, karena kulit justru dapat semakin kering. Campurkan air rendaman dengan cangkir cuka putih dan hangatkan air yang dapat merendam hingga sebatas pergelangan kaki. Asam dalam cuka dapat membantu melembutkan kulit kering, kemudian Anda dapat mengelupaskan kulit-kulit mati sebelum mengeringkan kaki secara menyeluruh. Beri pelembap pada kaki dan gunakan kaus kaki baru yang bersih.

7.Anda dapat juga memijat bagian tumit kaki yang kering menggunakan minyak zaitun dengan campuran sedikit cuka putih atau air perasan lemon maupun madu sebagai pelembap alami. Setelah itu, tutupi kaki dengan kaus kaki katun dan diamkan semalaman. Pada pagi hari, bilas kaki, lakukan pengelupasan dan keringkan kaki. Lalu berikan pelembap kulit.

Jika memang kondisi kaki yang pecah-pecah tidak kunjung sembuh, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P


0 Response to "Cara Mudah Atasi Tumit Pecah-Pecah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...