Berbagai Obat-obatan yang Bisa Mencegah Diabetes




Pradiabetes adalah suatu kondisi di mana tingkat gula darah Anda lebih tinggi dari batas normal, tetapi belum cukup tinggi untuk ditentukan sebagai diabetes. Tanpa Anda sadari, pra-diabetes bisa menjadi diabetes tipe 2 dalam 10 tahun atau kurang. Bila Anda memiliki pradiabetes, kerusakan jangka panjang pada jantung dan sistem peredaran darah mungkin sudah dimulai. Maka penting bagi Anda untuk melakukan perubaha gaya hidup untuk mencegah diabetes, termasuk dengan menggunakan obat-obatan.


Apa saja obat yang bisa mencegah diabetes?


Bersamaan dengan diet, nutrisi, dan gaya hidup untuk menghindari diabetes, beberapa obat dapat digunakan untuk mencegah dan menurunkan risiko terkena diabetes, terutama jika Anda berada pada risiko tinggi untuk terkena diabetes tipe 2.


Obat yang digunakan untuk mengobati diabetes semakin sering diresepkan untuk mencegah penyakit ini, meskipun masih ada beberapa perdebatan dengan hasil penelitian ini.


Dalam studi tersebut, obat yang disebut pioglitazone mampu menurunkan risiko munculnya diabetes pada orang dengan pradiabetes. Pioglitazone memang sudah digunakan untuk mengobati diabetes, jadi efeknya pada pradiabetes tentu tidak mengejutkan.


Pioglitazone bekerja dengan cara membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin dan menurunkan kadar gula darah. Pioglitazone juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik.


Rosiglitazone adalah obat lain yang ditemukan untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada orang-orang yang berisiko tinggi untuk mengembangkan penyakit internal yang berat. Risikonya turun menjadi 2 kali lipat dengan obat lain yang digunakan untuk mencegah diabetes, dan jika dilakukan dengan perubahan gaya hidup.


Beberapa obat-obatan, seperti metformin, dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada kasus berisiko tinggi, di mana perubahan gaya hidup saja mungkin tidak cukup.


Adakah efek samping dari obat pencegah diabetes ini?


Namun, tampaknya diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat lebih dalam efek jangka panjang dari obat-obat ini, terutama pioglitazone, seperti yang sekarang diketahui tidak memiliki manfaat yang cukup untuk direkomendasikan sebagai obat yang digunakan secara rutin untuk mencegah pradiabetes.


Selain itu, pioglitazone juga memiliki beberapa efek samping yang berhubungan dengan berat badan dan edema, alias bengkak karena retensi cairan. Berat badan Anda mungkin bertambah karena obat ini meningkatkan fungsi dan pertumbuhan sel-sel lemak baru. Jika Anda memiliki penyakit metabolik, sel-sel lemak bisa menjadi besar dan tidak bekerja dengan baik.


Resep obat diabetes untuk orang-orang yang tidak memiliki diabetes jangan membuat Anda menjadi tidak peduli tentang kondisi kesehatan Anda. Nutrisi, olahraga, dan perubahan gaya hidup berkontribusi lebih efektif dalam mencegah diabetes. Selalu minta nasihat dokter Anda sebelum mulai menggunakan obat untuk mencegah diabetes. Obat ini tidak boleh digunakan tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.


0 Response to "Berbagai Obat-obatan yang Bisa Mencegah Diabetes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...